Rabu, 21 Oktober 2015

Ruang Lingkup Ekonomi



Ruang Lingkup Ekonomi Meliputi :

TEORI MIKROEKONOMI
Teori mikroekonomi atau ekonomi mikro diartikan sebagai "ilmu ekonomi kecil". Menerangkan arti teori mikroekonomi dengan menterjemahkan masing-masing perkataan dalam istilah tersebut tidak akan memberikan penerangan yang tepat mengenai arti dan konsep mikroekonomi. Berdasarkan kepada pola dam ruang lingkup analisisnya, teori mikroekonomi dapat didefinisikan sebagai : satu bidang studi dalam ilmu ekonomi yang menganalisis mengenai bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian.

Isu pokok yang dianalisis dalam teori mikroekonomi adalah : bagaimana caranya menggunakan faktor-faktor produksi yang tersedia secara efisien agar kemakmuran masyarakat dapat dimaksimumkan? Analisis seperti ini dibuat berdasarkan kepada pemikiran bahwa kebutuhan dan keinginan manusia tidak terbatas, sedangkan kemampuan faktor-faktor produksi menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat terbatas. Berdasarkan kepada kedua pemikiran ini, teori mikro ekonomi bertitik tolak kepada pemisalan bahwa faktor-faktor produksi yang tersedia selalu sepenuhnya digunakan.
Dalam teori mikroekonomi masalah ini dibagi dan dibedakan menjadi tiga persoalan dibawah ini :
1. Apakah jenis-jenis barang dan jasa yang perlu diproduksikan?
2. Bagaimanakah barang dan jasa yang diperlukan masyarakat akan dihasilkan?
3. Untuk siapakah barang dan jasa perlu dihasilkan?

Interaksi di Pasar Barang
Suatu perekonomian itu merupakan gabungan dari berbagai jenis pasar, termasuk pasar barang. Maka untuk mengenal corak kegiatan suatu perekonomian, kita perlu memperhatikan corak operasi
suatu pasar barang.
Tingkah Laku Penjual dan Pembeli
Teori mikroekonomi bertitik tolak dari dua permisalan. Pemisalan yang pertama adalah para pembeli dan penjual menjalankan kegiatan ekonomi secara rasional. Pemisalan kedua adalah para pembeli berusaha memaksimumkan kepuasan yang mungkin dinikmatinya. berdasarkan pemisalan tersebut maka teori mikroekonomi menunjukkan bagaimana seorang pembeli menggunakan sejumlah pendapatan (atau uang) untuk membeli berbagai jenis barang yang dibutuhkannya, dan bagaimana seseorang penjual atau produsen menentukkan tingkat produksi yang akan dilakukannya.

Interaksi di Pasaran Faktor
Individu-individu dalam perekonomian adalah pemilik faktor-faktor produksi. Mereka menawarkan faktor-faktor produksi tersebut untuk memperoleh pendapatan. Pendapatan tersebut seterusnya akan digunakan untuk membeli barang dan jasa yang mereka butuhkan.
TEORI MAKROEKONOMI
Dari arti kata "Makro" sudah dapat diduga bahwa teori makro ekonomi membuat analisis mengenai kegiatan dalam suatu perekonomian dari sudut pandang yang berbeda dengan teori mikroekonomi. Analisa makroekonomi merupakan analisa terhadap keseluruhan kegiatan perekonomian. Analisanya bersifat umum dan tidak memperhatikan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh unit-unit kecil dalam perekonomian.

Penentuan Kegiatan Perekonomian
Aspek pertama yang dibahas dalam teori makroekonomi adalah mengenai penentuan tingkat kegiatan perekonomian negara. Analisis ini menerangkan tentang sampai dimana suatu perekonomian akan menghasilkan barang dan jasa.

Teori makroekonomi meliputi juga analisis dalam berbagai aspek berikut :
1. Masalah ekonomi yang dihadapi, terutama pengangguran dan inflasi, dan bentuk kebijakan pemerintah untuk mengatasinya
2. Peranan uang dalam penentuan kegiatan ekonomi

Masalah Pengangguran dan Inflasi
Teori makroekonomi dilengkapi pula dengan analisis yang lebih mendalam mengenai berbagai bentuk masalah yang akan timbul apabila pengeluaran agregat tidak mencapai tingkatnya yang ideal.
setiap masyarakat mengharapkan agar pengeluaran agregat akan mencapai tingkat yang diperlukan untuk mewujudkan kesempatan kerja penuh tanpa inflasi.

Peranan Kebijakan Pemerintah
Perekonomian tidak dapat secara otomatis mengatasi masalah pengangguran dan inflasi. Tindakan pemerintah sangat diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.
Penjelasan tentang langkah-langkah pemerintah untuk mengatasi masalah pengangguran dan inflasi merupakan aspek penting lainnya dari analisis dan teori makroekonomi. Langkah-langkah pemerintah yang utama dalam mengatasi masalah pengguran dan inflasi dibedakan kepada dua bentu kebijakan: kebijakan fiskal dan kebijakan moneter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar