Dalam
analisis ekonomi, secara teori maupun dalam praktek sehari-hari, adalah sangat
berguna untuk mengetahui sampai sejauh mana responsifnya permintaan terhadap
perubahaan harga. Oleh sebab itu perlu dikembangkan satu pengukuran kuantitatif
yang menunjukkan sampai dimana besarnya pengaruh perubahan harga terhadap
perubahan permintaan. Ukuran ini dinamakan elastisitas permintaan.
Perubahan harga jugaS menimbulkan akibat yang berbeda terhadap jumlah penawaran
berbagai barang. Ukuran kuantitatif sebagai akibat perubahan harga terhadap
perubahan jumlah barang yang ditawarkan dinamakan elastisitas penawaran.
Elastisitas
permintaan perlu dibedakan kepada tiga konsep berikut : elastisitas
permintaan harga, elastisitas permintaan pendapatan dan elastisitas permintaan
silang. Dari ketiga konsep tersebut yang paling penting adalah elastisitas
permintaan harga.
MANFAAT DARI
MENAKSIR ELASTISITAS PERMINTAAN
Bagi
Perusahaan : dapat menjadi landasan dalam menyusun kebijakan penjualannya.
Apabila diketahui sifat responsif permintaan apabila berlaku perubahan harga,
dapatlah perusahaan menentukan apakah perlu menaikkan produksi, atau tidak,
untuk menaikan hasil penjualannya.
Bagi
Pemerintah : menjadi alat untuk meramalkan kesuksesan dari kebijakan ekonomi
yang akan dilaksanakannya. Misalkan pemerintah ingin mengurangi impor. Kalau
permintaan ke atas barang impor tersebut adalah pengurangan impor tidak banyak
menaikan harga barang tersebut. Keadaan itu berarti kenaikan harga yang
berlaku tidak terlalu membebankan konsumen.
KOEFISIEN
ELASTISITAS PERMINTAAN HARGA
Elastisitas
permintaan harga lebih kerap dinyatakan sebagai elastisitas permintaan. Nilai
perbandingan antara persentasi perubahan jumlah diminta dengan persentasi
perubahan harga disebut koefisien permintaan.
FAKTOR
PENENTU ELASTISITAS PERMINTAAN
Ada beberapa
faktor yang menimbulkan perbedaan dalam elastisitas permintaan berbagai barang.
Yang terpenting adalah :
- Tingkat kemampuan barang-barang lain untuk menggantikan barang yang bersangkutan
- Persentasi pendapatan yang akan dibelanjakan untuk membeli barang tersebut
- Jangka waktu di dalam mana permintaan itu dianalisis
ELASTISITAS
PENAWARAN
Mengukur
responsif penawaran sebagai akibar perubahan harga.
FAKTOR-FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI ELASTISITAS PENAWARAN
- Sifat Perubahan Biaya Produksi
- Jangka Waktu Analisis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar