Rabu, 21 Oktober 2015

Elastisitas Permintaan dan Penawaran



Dalam analisis ekonomi, secara teori maupun dalam praktek sehari-hari, adalah sangat berguna untuk mengetahui sampai sejauh mana responsifnya permintaan terhadap perubahaan harga. Oleh sebab itu perlu dikembangkan satu pengukuran kuantitatif yang menunjukkan sampai dimana besarnya pengaruh perubahan harga terhadap perubahan permintaan. Ukuran ini dinamakan elastisitas permintaan. Perubahan harga jugaS menimbulkan akibat yang berbeda terhadap jumlah penawaran berbagai barang. Ukuran kuantitatif sebagai akibat perubahan harga terhadap perubahan jumlah barang yang ditawarkan dinamakan elastisitas penawaran.

Elastisitas permintaan perlu dibedakan kepada tiga konsep berikut : elastisitas permintaan harga, elastisitas permintaan pendapatan dan elastisitas permintaan silang. Dari ketiga konsep tersebut yang paling penting adalah elastisitas permintaan harga.

MANFAAT DARI MENAKSIR ELASTISITAS PERMINTAAN

Bagi Perusahaan : dapat menjadi landasan dalam menyusun kebijakan penjualannya. Apabila diketahui sifat responsif permintaan apabila berlaku perubahan harga, dapatlah perusahaan menentukan apakah perlu menaikkan produksi, atau tidak, untuk menaikan hasil penjualannya.

Bagi Pemerintah : menjadi alat untuk meramalkan kesuksesan dari kebijakan ekonomi yang akan dilaksanakannya. Misalkan pemerintah ingin mengurangi impor. Kalau permintaan ke atas barang impor tersebut adalah pengurangan impor tidak banyak menaikan harga barang tersebut. Keadaan itu  berarti kenaikan harga yang berlaku tidak terlalu membebankan konsumen.

KOEFISIEN ELASTISITAS PERMINTAAN HARGA
Elastisitas permintaan harga lebih kerap dinyatakan sebagai elastisitas permintaan. Nilai perbandingan antara persentasi perubahan jumlah diminta dengan persentasi perubahan harga disebut koefisien permintaan.
FAKTOR PENENTU ELASTISITAS PERMINTAAN
Ada beberapa faktor yang menimbulkan perbedaan dalam elastisitas permintaan berbagai barang. Yang terpenting adalah :
  • Tingkat kemampuan barang-barang lain untuk menggantikan barang yang bersangkutan
  • Persentasi pendapatan yang akan dibelanjakan untuk membeli barang tersebut
  • Jangka waktu di dalam mana permintaan itu dianalisis
ELASTISITAS PENAWARAN
Mengukur responsif penawaran sebagai akibar perubahan harga.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ELASTISITAS PENAWARAN
  • Sifat Perubahan Biaya Produksi
  • Jangka Waktu Analisis 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar